Teknik Sederhana Membuat SEO Konten Untuk Para Editor

Konten merupakan hal paling penting dalam mambangun sebuah website, entah itu untuk pribadi maupun perusahaan, bisnis, dan toko online. Jika Anda disini adalah editor konten, tentunya SEO Konten sangat penting Anda pelajari dengan ccermat. Jika ini berhasil, bukan tidak mungkin semua konten yang Anda bangun akan mudah untuk terindeks di mesin pencari, bahkan selalu masuk dalam urutan 10 besar di halaman utama.

Namun tidak semua orang mampu dan mau belajar dengan baik dalam hal SEO konten. Bagi Anda yang ingin menguasai lebih cepat teknik ini, Anda bisa kursus SEO. Dengan cara inilah SEO konten website Anda akan lebih mudah dikerjakan, terutama bagi Anda para editor konten. Membangun konten natural atau alami, memang saat ini bisa dikatakan cukup bersaing.

Pasalnya sudah banyak penyedia layanan jasa konten, namun jika Anda jangan berkecil hati. Karena dengan menggunakan teknik sederhana membuat SEO konten seperti ini, maka bukan hal sulit lagi untuk Anda membuat sebuah konten berkualitas, menarik, dan membuat banyak pengunjung berlama-lama di website Anda.

Teknik Sederhana Membuat SEO Konten Untuk Para Editor

Untuk memaksimalkan konten, editor harus mengetahui SEO dan menerapkannya dalam proses menganalisis konten yang ia terima. Berikut adalah beberapa teknik SEO konten sederhana yang harus dipahami oleh seorang editor. Sehingga pelanggan Anda akan merasa puas, ketika membeli konten berkualitas dari Anda.

  1. Pilih dan identifikasi frasa kunci yang benar

Memperhatikan kata kunci dalam konten tentunya merupakan suatu keharusan. Setiap konten harus berisi kata kunci yang relevan sesuai dengan topik yang dibahas atau sesuai dengan audiens target untuk menarik perhatian mereka.

Ketika editor tidak yakin dengan kata kunci yang ditargetkan, maka Anda dapat menggunakan beberapa alat penelitian yang tersedia di Internet untuk melihat kata kunci yang disarankan dan kemudian memilih kata kunci yang tepat. Kata kunci dapat disesuaikan untuk semua jenis halaman situs web, termasuk posting harian dan halaman statis seperti halaman beranda dan tentang halaman kami.

Untuk situs berita atau viral news atau konten, editor harus secara aktif menggunakan Google Trend untuk mendapatkan ide atau inspirasi berdasarkan tren terbaru atau konten yang populer dalam pencarian. Dengan begitu, akan jauh lebih mudah membuat konten berkualitas.

  1. Menggunakan Headline SEO friendly

Di era jejaring sosial, seperti sekarang, Headline berita memainkan peran yang sangat penting untuk membujuk pemirsa mengklik konten berita. Tapi jangan hanya berpikir tentang audiens di socialmedia, pikirkan tentang hal itu sehingga judul pos Anda sangat bagus dan menarik di mesin pencari. Untuk dua tujuan dan karakteristik yang berbeda, Anda dapat membuat Headline berita terpisah untuk Google dan jejaring sosial.

Judul untuk Google harus lebih SEO friendly dengan pilihan kata kunci yang cerdas dan struktur kalimat. Sementara tajuk untuk jejaring sosial menjadi lebih menarik dan membuatnya lebih penasaran untuk mengikuti tautan tersebut. Apakah sulit membuat dua nama yang berbeda? Tidak juga, jika Anda menggunakan plugin Yoast SEO, maka Anda dapat dengan mudah melakukannya dengan Super Duper.

  1. Optimalkan konten Anda

Manfaatkan optimalisasi Anda seperti yang direkomendasikan oleh Google, tetapi jangan berlebihan. Hindari isian kata kunci dan tautan buruk yang dapat membuat situs Anda terlihat seperti spam, dan itu sebenarnya dapat membahayakan situs Anda sendiri.

  1. SEO Touch untuk konten grafis juga diperlukan.

Digunakan dengan benar, konten gambar dapat menjadi sumber yang baik untuk tautan masuk. Selain itu, konten juga membuat konten Anda lebih hidup dan menarik bagi pembaca. Konten gambar akan menghasilkan pertukaran yang lebih besar di jejaring sosial pembaca Anda, dan tentu saja ini dapat memberi Anda traffic gratis.

Untuk merasakan SEO, pastikan setiap gambar dalam konten Anda telah dioptimalkan menggunakan Alt Text dengan kata kunci yang ditargetkan sehingga dapat mengarahkan lalu lintas tambahan dari Pencarian Gambar Google sambil meningkatkan peringkat halaman web itu sendiri di mesin pencari.

  1. Melacak atau menganalisis halaman konten Anda

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan editor adalah mereka hanya mengandalkan penelitian kata kunci untuk SEO dan menggunakannya kembali tanpa menganalisis efektivitasnya dan memperbaikinya nanti.

Analisis kata kunci yang sering digunakan bukanlah pekerjaan tambahan, tetapi kewajiban yang harus dipenuhi oleh editor agar konten yang dimilikinya diperbarui, tidak ketinggalan zaman atau keluar dari persaingan.

Lakukan analisis rutin menggunakan Google Analytics, Google Webmaster, atau alat analisis kinerja lainnya untuk melacak kinerja halaman web Anda dan memperbaiki kekurangan ataupun kesalahan (jika ada).

Meskipun Google Analytics tidak lagi menyediakan semua data kata kunci, Anda dapat menggabungkan informasi yang Anda dapatkan di alat dengan tayangan dan mengklik data dari alat webmaster Google (di bagian “Pencarian Analisis”).

Dengan melakukan teknik ini secara teratur, Anda akan kaya dengan ide-ide untuk membuat konten yang lebih segar, lebih baik, dan lebih menyenangkan bagi pembaca di masa depan. Anda juga dapat secara teratur menganalisis kata kunci utama yang ditargetkan situs Anda untuk melihat efektivitasnya di mesin pencari, serta menyarankan gagasan untuk konten yang lebih baru.

Jika Anda menemukan beberapa pesaing berada di depan Anda, Anda dapat mengikuti backlink mereka menggunakan alat Pemeriksa Tautan dan juga menyalin strategi backlink yang mereka gunakan. Dengan menerapkan teknik ini, kami berharap para editor konten akan dapat lebih memahami dan memaksimalkan potensi konten yang akan disajikan di situs web.